Elvia Valentine Sofyan

Nim

Unit

No Hp

Email

Instagram 

315160153

1

08118883009

elviavalentine27@gmail.com

via_valentine

Fasilitator Utama

Priscilla Epifania Ariaji, S.T., M.A.

Fasilitator Pendamping

Ir. Rudy Surya, M.M, M.Ars.
Suryono Herlambang, S.T., M.Sc.
Ir. Tony Winata, M.Sc

POSTER A3 JPG.jpg

Proses berhuni seorang anak tidak dapat dipisahkan dengan kebutuhannya akan bermain. Bermain merupakan sebuah aktivitas yang krusial untuk anak, karena melalui bermain, anak belajar mengenai dunia di sekitarnya. Bermain juga mendorong anak untuk berkembang. Masa kanak-kanak merupakan masa terjadinya perkembangan dan perubahan secara pesat dan seluruh perkembangan yang terjadi pada masa ini dapat tercapai melalui bermain. Namun, kegiatan bermain dapat terganggu, khususnya karena perkembangan teknologi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, anak tidak lagi mengamati lingkungan di sekitarnya maupun berinterkasi dengan sesamanya. Mereka hanya terpaku kepada layar digital. Tetapi, di saat yang sama, perkembangan teknologi merupakan sesuatu yang tak terelakkan. Di mana mendatang, anak-anak harus siap dalam menghadapi perkembangan teknologi yang akan semakin pesat, dengan berbagai perubahan yang juga akan terjadi. Oleh karena itu, proyek Rumah Edukasi-Bermain Anak bertujuan untuk mendorong proses bermain, eksplorasi, dan observasi anak tanpa terlepas dari teknologi. Karena teknologi adalah kunci untuk masa depan.

Proyek ini juga tidak terlepas dari implementasi unsur alam, karena anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap alam. Selain itu, interaksi dengan alam juga memberikan manfaat yang positif bagi manusia, terlebih lagi di dunia yang akan menjadi semakin digital. Alam juga merupakan pengajar yang baik bagi anak dan mendukung eksplorasi, pergerakan fisik, dan kebutuhan bermain yang kemudian mendukung perkembangan dan kreativitas anak. Dan khususnya karena pandemi yang sedang berlangsung, kesadaran akan pentingnya ruang terbuka hijau juga semakin mendorong kebutuhan akan unsur alam di dalam proyek ini. Berlokasi di daerah Pluit, Jakarta Utara, proyek ini merupakan sebuah proyek PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Proyek ini dirancang berdasarkan pada perilaku (arsitektur berdasarkan perilaku), khususnya perilaku anak. Strategi desain yang kemudian diterapkan adalah ruang yang terbuka dan fleksibel untuk eksplorasi anak, akses yang mudah menuju ruang terbuka hijau, ruang-ruang yang sesuai dengan ergonomi anak, sudut-sudut yang spesial untuk memberikan sebuah rasa kepemilikan akan ruang, penggunaan warna natural dan bentuk yang melengkung, serta penggunaan material yang lembut dan program berkebun untuk menstimulasi sentuhan anak. Penerapan strategi-strategi ini juga menciptakan ruang-ruang yang menyenangkan bagi anak. Seluruh strategi ini diimplementasikan agar proses berhuni dan bermain anak dapat berlangsung secara maksimal.

Children Edu-Play

House