Palliative Lodging

For Children

With Caner

Rumah singgah kanker anak ini bukan hanya berfungsi sebagai tempat tinggal alternatif bagi para anak penderita kanker yang harus menjalani perawatan medis di RSUP Fatmawati dan berasal dari kota-kota kecil di luar Jakarta yang kurang mampu dari segi ekonomi; namun juga sebagai tempat rekreasi, relaksasi, dan edukasi. Mereka bisa mendapatkan dukungan spiritual dan psikososial melalui perawatan paliatif, yang merupakan fasilitas utama dari rumah singgah kanker anak ini. Di sini; anak-anak dapat menyalurkan hobi mereka dalam bidang seni dan musik, melepas stress setelah menjalani perawatan medis melalui interaksi dengan hewan dan alam, juga bermain dan belajar bersama. 

Taman Sensorik yang merupakan bagian dari terapi paliatif menjadi pusat rekreasi alam dari rumah singgah ini. Di taman ini, kelima panca indera anak-anak mendapat stimulus melalui cara yang menyenangkan.  Anak-anak dapat bermain dengan tumbuhan, mencium aroma bunga-bungaan, dan memetik buah. Taman Sensorik ini juga menjadi pemandangan utama dari kamar penghuni dan ruang makan bersama.

 

Ruang makan bersama adalah pusat kegiatan komunal para penghuni rumah singgah. Di ruangan ini mereka dapat saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman. Letaknya yang diapit oleh Taman Sensorik dan taman bermain, memungkinkan anak-anak bermain dengan bebas namun orangtua tetap dapat mengawasi selagi berkumpul bersama.


Konsep desain dari perancangan tapak yaitu Urban Oasis. Bangunan seakan-akan berada di tengah-tengah hutan yang rindang dengan sungai kecil yang mengelilinginya. Rumah singgah kanker anak ini menjadi sebuah tempat untuk menenangkan diri dari hiruk-pikuk lingkungan kota dan tempat penghiburan bagi anak-anak penderita kanker setelah menjalani perawatan dari rumah sakit. Bangunan untuk rumah singgah kanker anak harus terlihat lembut, ringan, dan jauh dari kesan sebuah rumah sakit. Oleh karena itu, konsep dari bentuk bangunan yaitu telur dengan suasana ruang yang hangat. Telur adalah simbol kehidupan dan pengharapan. Penggunaan warna pada bangunan dapat memberi kesan ceria namun tetap lembut.

Felicia Hansen

Nim

Unit

No Hp

Email

Instagram 

315160245

1

082288883998

feliciahansen189@gmail.com

felice_alice

Fasilitator Utama

Suryono Herlambang, S.T., M.Sc

Fasilitator Pendamping

Ir. Rudy Surya, M.M., M.Ars.
Priscilla Epifania Ariaji, S.T., M.A.
Ir. Tony Winata, M.Sc