Fasilitator Utama

Ir.Agustinus Sutanto ,M.Arch.,M.Sc.,Ph.D

Fasilitator Pendamping

Ir. Sutarki Sutisna, M.Ars

Maria Veronica Gandha, S.T., M.Arch.

Alm Ir.Dewi Ratna Ningrum, M.M

POSTER LANDSCAPE 2.jpg

The Dynamic 

of Adaptive Shelter

The Dynamic of Adaptive Shelter merupakan sebuah wadah adaptif yang berusaha merespon perubahan iklim yang menyebabkan kenaikan permukaan air laut. Proyek ini berusaha menjawab pertanyaan “Apakah mungkin sebuah arsitektur dapat menciptakan sebuah konsep Dwelling yang bekerja layaknya siklus antara manusia, alam, dan dirinya sendiri?”

Sesuai dengan judulnya, konsep proyek ini diberi nama Adaptif-Dinamis. Dimana secara umum kata adaptif dapat diartikan sebagai respon suatu benda untuk bertahan di suatu keadaan tertentu, sedangkan kata dinamis memberikan pencerminan sifat suatu benda yang selalu bergerak atau flexible yang mana dalam konteks proyek ini adalah air.

Karena proyek ini merupakan proyek wadah adaptif terhadap kenaikan permukaan air laut, secara langsung proyek ini dihadapkan oleh suatu kondisi yang berhubungan langsung dengan air. Oleh sebab itu telah dilakukan studi terhadap air melalui sebuah puisi dari “Tao Te Ching”  yang berjudul “The Philosophy of Water”.

Berlokasi di Kamal Muara, Jakarta Utara proyek ini diharapkan menjadi sebuah bentuk nyata yang dapat membuktikan bahwa dengan pembelajaran dari air akan Keterbukaan, Keselarasan, dan  Kesederhanaan manusia dapat hidup berdampingan dengan alam dalam sebuah arsitektur.

Fransisca Handayani

Nim

Unit

No Hp

Email

Instagram 

315160231

6

08561725868

frnsiscah.98@gmail.com

frnsiscah

Fasilitator Utama

Alvin Hadiwono, S.T., M.T.

Fasilitator Pendamping

Ir. J.M. Joko Priyono, M.Ars.
Ir. Petrus Rudi Kasimun, M.Ars.
Ir. Suwandi Supatra M.T.