Taman Belajar

Kreatif

POSTER POTRAIT_NATASHA.png

Proyek bertema dwelling yang terletak di kelapa gading, jakarta utara, adalah sebuah proyek bangunan pendidikan yaitu sekolah dasar. Berlatar belakang dari permasalah pendidikan terutama mengenai bangunan pendidikan yang sampai sekarang masih menganut sistem sekolah abad ke-19 yang monoton yang membunuh kreativitas anak. Karena itu arsitektur dari bangunan sekolah harus benar-benar memperhatikan bukan hanya dari segi fungsionalitasnya saja melainkan dari berbagai aspek desain, bagaimana pengaruhnya kepada kondisi anak dalam belajar, bagaimana menciptakan arsitektur pendidikan yang bisa mewadahi kegiatan belajar siswa, dan akhirnya bagaimana menciptakan ‘rumah’ yang nyaman bagi anak untuk beraktivitas  terutama dalam hal belajar, mengajar, bermain, dan berinteraksi.

Taman belajar kreatif  adalah bangunan pendidikan untuk tingkat sekolah dasar yang ingin menciptakan desain arsitektural yang bisa menggugah kreativitas anak sebagai salah satu soft skill yang dibutuhkan untuk menghadapi era digitalisasi. Proyek sendiri memiliki konsep yang terinspirasi dari sketsa anak-anak Sekolah Dasar, yang dijadikan media bagi mereka untuk menyatakan keberadaan atau pemikiran mereka sebelum bisa menulis huruf.  Dimana menurut penelitian bunga adalah objek yang paling sering digambar anak,  karena mudah dan mereka biasanya akan mendapatkan apresiasi dari gambar tersebut, oleh karena itu proyek sendiri terinspirasi dari sketsa bunga seorang anak SD.

Proyek sekolah ini mengambil kurikulum S.T.E.A.M (Science, Technology, Art, Enginering and Mathematics) dan alam yang disesuaikan dengan kurikulum untuk sekolah abad-21 di masa depan untuk dijadikan acuan pemrograman pada proyek. Dimana pemrograman pada proyek dibagi menjadi area belajar indoor yang mendukung kegiatan belajar S.T.E.A.M dan area belajar outdoor yang mendukung kegiatan belajar dengan kurikulum alam. Sehingga, hubungan erat dan transparansi antara area indoor dan outdoor menjadi penting.

Natasha Kurnia Tishani

Nim

Unit

No Hp

Email

Instagram 

315160139

5

081285624166

ntshkurnia@gmail.com

natashakurniaa

Fasilitator Utama

Dr. Ir. Rudy Trisno, M.T., IAI., HDII

Fasilitator Pendamping

Dr. Ir. Fermanto Lianto, M.T.

Nina Carina, S.T., M.T.

Ir. Martin Halim, M.T.